Apa Itu Investasi Dan Apa Saja Jenisnya

Posted on

Apa Itu Investasi?

Investasi adalah sebuah bentuk penanaman modal atau dana dari perorangan, organinasi maupun perusahaan yang dikelola oleh beberapa pihak seperti Manajer Investasi, Agen Penjual Efek maupun Bank Kustodian dengan tujuan mendapatkan sebuah keuntungan dimasa depan. Para penanam modal tersebut bisa kita sebut dengan Investor.

Perbedaan Investasi dan Menabung

Banyak orang yang menganggap bahwa investasi dengan menabung adalah sama. Padahal banyak perbedaan yang cukup mencolok dari kedua aktifitas keuangan ini.

Investasi

Ketika investor melakukan investasi, mereka akan mengharapkan return atau keuntungan yang tinggi dari dana awal dan proses pengembalian dana yang akan mereka dapatkan membutuhkan jangka waktu tertentu sesuai dengan jenis investasi serta tujuan investasi mereka.

Investasi sendiri merupakan aktifitas jual-beli dan mempunyai resiko yang bermacam-macam sesuai dengan pasar modal yang sedang terjadi.

Baca juga: Apa Itu Investasi Reksa Dana

Menabung

Sedangkan menabung adalah menyimpan dana atau uang di bank. Menabung juga tidak memiliki resiko yang tinggi seperti kita melakukan investasi pada saham.

Mengapa Harus Investasi?

Setiap orang memiliki tujuan dan rencana dalam hidupnya, seperti membeli rumah, biaya nikah, membiayai anak sekolah serta tabungan ketika pensiun nanti.

Dengan investasi, kita bisa menyiapkan semua kebutuhan dana tersebut dari sekarang. Banyak orang-orang yang pada masa mudanya mempunyai dana yang cukup untuk menghidupi seluruh kebutuhannya, namun ketika menginkak usia tua, mereka sudah tidak mempunyai simpanan uang.

Tujuan Berinvestasi

Sebelum terjun ke dunia investasi, pastikan juga tujuan utama kita. Karena Berinvestasi harus mempunyai tujuan yang tepat dan matang. Sehingga kita bisa memilih jenis investasi apa yang cocok untuk kita ambil.

Karena masing-masing individu mempunyai tujuan yang berbeda, jadi jangan sampai kita hanya ikut-ikutan untuk investasi namun tidak mempunyai tujuan yang jelas. Bukan keuntungan yang didapat, tapi kerugian besar yang akan kita terima.

Jenis Investasi

Kita bisa melakukan investasi pada beberapa sektor keuangan seperti:

  1. Saham
  2. Reksa Dana
  3. Emas
  4. Properti

Disverifikasi Investasi

Dalam dunia investasi, kita sangat diwajibkan untuk melakukan disverifikasi investasi agar meminimalisir kerugian yang kita dapatkan ketika melakukan menanamkan modal pada sektor tertentu.

Lalu apa itu disverifikasi? Disverifikasi adalah sebuah strategi dimana investor memecah atau membagi dana mereka pada beberapa sektor investasi.

Cara ini sangat umum dilakukan oleh investor untuk meminimalisir kerugian. Sehingga kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan waktu dan tujuan investasi itu sendiri.

Sebagai contoh, ketika kita akan menginvestasikan uang kita pada produk reksa dana, kita harus membagi dana kita pada beberapa produk, seperti misalnya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap maupun reksa dana saham.

Apabila ada salah satu produk reksa dana yang kita miliki bermasalah, maka kita bisa menarik dana tersebut dan tidak terlalu mempengaruhi portfolio kita yang lain.

Hal ini dilakukan karena kita sama sekali tidak bisa memprediksi apa saja yang akan terjadi kedepannya dengan produk reksa dana yang sudah kita ambil tersebut.

Kesimpulan

Nah, dari penjelasan diatas kita bisa mempertimbangkan tujuan dan sektor investasi mana yang akan kita ambil. Kita juga harus belajar tentang bagaimana cara menganalisa produk yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Sehingga bisa mendapatkan return yang memuaskan, harus diwaspadai juga untuk tidak tergiur dengan investasi bodong yang menjanjikan return yang sangat tinggi serta tidak masuk akal.

Kita juga harus bisa memilah dan memilih manajer investasi yang terpercaya serta wajib diawasi oleh OJK.

CentroVestasi

CentroVestasi.com adalah sebuah website yang membagikan informasi dan tips seputar Keuangan, Bisnis dan Investasi, baik itu Saham, Reksa Dana, Properti, maupun Cryptocurency.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Similar Posts